A. Komunikasi Data
1. Pengertian
Komunikasi data merupakan proses pengiriman informasi
( data ) yang telah diubah dalam suatu kode tertentu yang telah disepakati
melalui sebuah media transmisi dari pengirim ( sender ) ke penerima ( receiver
).
Komunikasi data adalah proses pengiriman informasi
diantara dua titik menggunakan kode biner melewati saluran transmisi dan
peralatan switching dapat terjaga antara computer dengan komputer, komputer
dengan terminal atau komputer dengan peralatan.
Komunikasi data merupakan gabungan dari teknik telekomunikasi
dengan teknik pengolahan data.
2. Jenis
a. Menggunakan kabel : Coaxial, UTP/STP, dan Fiber optic.
b. Tanpa kabel : Wireless dan Bluetooth.
3. Syarat
Sebuah proses komunikasi data akan terjadi bila
memenuhi syarat sebagai berikut :
a.
Ada
pengirim (sender)
b.
Ada
penerima (receiver)
c.
Ada
data yang dikirim oleh server
d.
Ada
media transmisi untuk mengirimkannya.
4. Proses
Proses komunikasi data diawali dengan dihubungkannya
antara device milik sender dan receiver dalam sebuah jaringan. Setelah itu data
akan dikirim melalui sebuah media transmisi. Pada saat proses pengiriman data,
data akan dijadikan paket-paket, lalu dijadikan bit-bit biner. Proses perubahan
bentuk tersebut dilakukan oleh 7 (tujuh) layer OSI.
5. Hambatan
Hambatan ketika melakukan komunikasi data antara lain
adalah sebagai berikut :
a.
Hambatan
yamg bersifat teknis, yaitu pesan tidak dapat secara utuh diterima oleh
receiver.
b.
Hambatan
bahasa, yaitu pesan yang kita kirimkan tidak dapat ditafsirkan secara sempurna
oleh receiver.
c.
Hambatan
bola salju, yaitu pesan semakin lama semakin membesar.
6. Pemikiran dalam komunikasi data
a. Menyalurkan
informasi secepat mungkin dengan kesalahan sedikit mungkin.
b. Mengintegrasikan
semua jenis komunikasi menjadi satu system, yaitu ISDN (Integrated Service
Digital Network) atau Jaringan Digital Pelayanan Terpadu.
7. Tujuan komunikasi data
a. Memungkinkan
pengiriman data dalam jumlah besar efisien, tanpa kesalahan ekonomis dari suatu
tempat ke tempat lain.
b. Memungkinkan
penggunaan sistem komputer dan peralatan pendukung dari jarak jauh (remote
computer use).
c. Memungkinkan
penggunaan komputer secara terpusat maupun secara tersebar sehingga mendukung
manajemen dalam hal kontrol, baik desentralisasi maupun sentralisasi.
d. Mempermudah
kemungkinan pengelolaan dan pengaturan data yang ada dalam berbagai macam
sistem komputer.
e. Mengurangi
waktu untuk pengolahan data.
f. Mendapatkan
data langsung dari sumbernya (mempertinggi kehandalan).
g. Mempercepat
penyebarluasan informasi.
B. Komunikasi Suara
1. Pengertian
Proses komunikasi yang hanya dapat ditangkap indera
pendengaran.
Merupakan jenis komunikasi yang paling umum digunakan
berupa informasi yang disampaikan melalui perantara suara untuk didengarkan.
2. Jenis
a. Komunikasi radio satu arah
b. Komunikasi radio dua arah
3. Proses
Proses komunikasi suara diawali dengan pengiriman
sebuah suara melalui gelombang radio. Dan nantinya suara tersebut akan
ditangkap oleh media yang sesuai.
4. Hambatan
Hambatan dalam melakukan komunikasi suara adalah :
a. Suara
yang tidak dapat diterima dengan baik karena pengaruh sinyal.
b. Suara
menjadi berbeda.
5. Contoh dari komunikasi suara
a. Komunikasi siaran radio / radio broadcasting.
Informasi di pancarkan kesegala arah dan siapapun
diperbolehkan menerima informasi tersebut. Dan informasi yang dikirimkan
bersifat umum. Contoh : Radio RRI.
b. Komunikasi radio amatir.
Informasi dipancarkan kesegala arah tetapi jumlah pengirim
dan penerima informasi terbatas pada mereka yang mempunyai izin beroperasi,
informasi bersifat pribadi. Contoh : ORARI.
c. Komunikasi radio dua arah.
Informasi terbatas pada pengirim dan penerima yang
beroperasi dengan saluran / frekuensi / gelombang yang sama dan jarak
jangkauannya terbatas sehingga sifat pribadinya dapat terjaga. Contoh :
Handy-Talky.
d. Komunikasi radio antar penduduk / citizen band.
Hubungan komunikasi bersifat pribadi, jangkauannya terbatas
dan kerahasiaan tidak terjamin, karena semua pesawat penerima sistem komunikasi
dapat menerima informasi yang disampaikan. Contoh : Intercom, RAPI.
e. Komunikasi radio panggil / paging system.
Digunakan untuk memanggil penerima yang merupakan pelanggan
dari pengirim, jarak jangkauannya terbatas. Contoh : pager.
f. Komunikasi telepon bersifat pribadi murni / niaga.
Jumlah informasi yang disampaikan
tidak terbatas, kerahasiaan terjaga, jarak jangkauannya paling luas. Menggunakan management pertukaran. Contoh : Telephone Dial, Handphone.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar