teddie

Kamis, 30 Maret 2017

Pengertian Ekstensi dan Dial Plan pada Server VOIP

Pengertian Ekstensi dan Dial Plan pada Server VOIP


A. Pengertian Ekstensi dan Dial Plan pada Server VOIP
Extension di definisikan sebagai sekumpulan perintah untuk dijalankan. Perintah-perintah ini biasanya di jalankan berdasarkan urutan dari tingkat prioritasnya.


Dial Plan berfungsi sebagai routing panggilan antar ekstensi, baik yang berada dalam satu IP-PBX (lokal) maupun antar IP-PBX, atau biasa disebut dial trunk.


B. Konfigurasi Ekstensi dan Dial Plan pada Server Softswitch\

a. Konfigurasi Ekstensi Server Softswitch

1. Konfigurasi Data Account Umum

[general]-->>context umum,harus ada context=default-->> nama context user port=5060-->> default port untuk SIP binaddr=0.0.0.0-->> listen semua ip_addr yang request srvlookup=yes


2. Konfigurasi Data Account User/Extensions

Softphone-->> nama atau nomor account [101] (user/extension) type=friend -->> tipe account username=101 -->> login account secret=101 -->> password account host=dynamic -->> host yang menjadi IP PBX,dpt berubah nat=no -->> tanpa NAT dtmfmode=rfc2833 -->> RTP Payload for DTMF Digits, Telephony Tones and Telephony Signals allow=all -->> mode codec, bisa semua jenis codec callerid=”sip00”

-->> id client context=voipkn -->> context jaringan user canreinvite=no -->> mekanisme canreinvite mailbox=101@voipkn -->> username@context


b. Konfigurasi Dial Plan Server Softswitch

Untuk mengkonfigurasi dial plan, edit file extensions.conf dengan mengetik nano /etc/asterisk/extensions.conf. Pastikan bahwa seluruh perintah pada file ini sudah dinonaktifkan.

Ketik perintah di bawah ini hanya berlaku bagi context “voipkin”:

Exten=>101,2,Hangup-->> setelah timeout dilakukan hangup exten=>102,1,Dial(SIP/102,20) exten=>102,2,Hangup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar